Minggu, 01 Juli 2012

Jual Beli Salam.


A.    Hadits Tentang Jual Beli Salam.
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَعَمْرٌو النَّاقِدُ وَاللَّفْظُ لِيَحْيَى قَالَ عَمْرٌو حَدَّثَنَا وَقَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ كَثِيرٍ عَنْ أَبِي الْمِنْهَالِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ وَهُمْ يُسْلِفُونَ فِي الثِّمَارِ السَّنَةَ وَالسَّنَتَيْنِ فَقَالَ مَنْ أَسْلَفَ فِي تَمْرٍ فَلْيُسْلِفْ فِي كَيْلٍ مَعْلُومٍ وَوَزْنٍ مَعْلُومٍ إِلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ (مسلم)
Dari abnu abbas r.a beliau berkata: Nabi SAW, tiba di madinah pada masa mereka biasa meminjam setahun dan dua tahunn lalu beliau bersabda: “Barang siapa yang meminjam atau menghutang buah-buahan, maka hendaklah ia menghutangnya dengan penakaran tertenntu, dan dengan penimbangan tertentu, hingga batas waktu tertentu (H.R muslim).
قوله صلى الله عليه وسلم : ( من سلف في تمر فليسلف في كيل معلوم ووزن معلوم إلى أجل معلوم ) فيه : جواز السلم , وأنه يشترط أن يكون قدره معلوما بكيل أو وزن أو غيرهما مما يضبط به , فإن كان مذروعا كالثوب , اشترط ذكر ذرعان معلومة , وإن كان معدودا كالحيوان , اشترط ذكر عدد معلوم . ومعنى الحديث أنه إن أسلم في مكيل فليكن كيله معلوما , وإن كان في موزون فيكن وزنا معلوما , وإن كان مؤجلا فليكن أجله معلوما . ولا يلزم من هذا اشتراط كون السلم مؤجلا , بل يجوز حالا ; لأنه إذا جاز مؤجلا مع الغرر فجواز الحال أولى ; لأنه أبعد من الغرر , وليس ذكر الأجل في الحديث لاشتراط الأجل , بل معناه : إن كان أجل فيكن معلوما , كما أن الكيل ليس بشرط , بل يجوز السلم في الثبات بالذرع , وإنما ذكر الكيل بمعنى أنه إن أسلم في مكيل فليكن كيلا معلوما أو في موزون فليكن وزنا معلوما . وقد اختلف العلماء في جواز السلم الحال مع إجماعهم على جواز المؤجل , فجوز الحال الشافعي وآخرون , ومنعه مالك وأبو حنيفة وآخرون , وأجمعوا على اشتراط وصفه بما يضبط به . % قوله صلى الله عليه وسلم : ( من سلف في تمر فليسلف في كيل معلوم ووزن معلوم ) هكذا هو في أكثر الأصول ( تمر ) بالمثناة , وفي بعضها : ( ثمر ) بالمثلثة , وهو أعم , وهكذا في جميع النسخ . ووزن معلوم بالواو لا ( بأو ) ومعناه : إن أسلم كيلا أو وزنا , فيكن معلوما . وفيه : دليل لجواز السلم في المكيل وزنا وهو جائز بلا خلاف . وفي جواز السلم في الموزون كيلا وجهان لأصحابنا : أصحهما : جوازه كعكسه .
Sebenarnya kata salam menurut islam adalah sistem jual beli yang menerangkan sifat-sifatnya saja dan tanggungan penjual dengan ganti (harga) yang diberikan atau dibayar kontan. Sistem jual beli semacam ini disyari’atkan, kecuali menurut ibnul musyayab. Menurut ulama sepakat bahwa disyariatkan dalam jual salam itu sesuatu yang di syariatkan dalam jual beli pada biasanya dan wajib penyerahan harga sehari atau dua hari, dan harus penetapan berdasarkan dua ketentuan yang dijelaskan dalam hadits tersebut[1].
عن ابن ابي نجيح عن عبد الله بن كثير عن ابىالمنهال عن ابن عباس رضي الله عنهما: قدم رسول الله ص.م المدينة والناس يسلفون فى الثمر العام والعامين او قال: عامين او ثلاثة شك اسمعيل- فقال: من سلف فى تمر فيسلف فى كيل معلوم ووزن معلوم.
حدثنا محمد اخبرنا اسماعيل عن ابن ابي نجيح بهذا: فى كيل معلوم ووزن معلوم.

Dari ibnu abi najih, dari abdullah bin katsir, dari abu al-minhal, dari ibnu abbas r.a dia berkata, “Nabi SAW datang ke madinah dan manusia melakukan jual-beli salam pada kurma setahun atau dua tahun atau dia mengatakan dua atau tiga tahun, ismail ragu. Maka beliau bersabda, “Barang siapa yang melakukan jual beli salam pada kurma, maka hendaklah dia melakukannya dengan takaran yang diketahui dan timbangan yang diketahui”.
Adapun perkataan Imam Bukhari “ Bab jual beli salam dengan takaran yang diketahui “, yaitu pada barang bisa ditukar. Disyaratkan yang menentukan takaran yang digunakan pada barang yang dijual dengan sistem salam. Apabila barang itu adalah sesuatu yang dijual dengan menggunakan ukuran takaran, merupakan suatu yang disepakati oleh para ulama, karena adanya perbedaan volume takaran, kecuali apabila dinegeri itu hanya ada satu takaran standart, maka jika disebutkan kata takaran secara mutlak dapat dipahami bahwa yang dimaksud adalah takaran standard itu tersebut.
Adapun jual-beli sistem salam dengan menggunakan timbangan yang diketahui. Seperti pada hadits dibawah ini.
عن ابن نجيح عن عبدالله بن كثير عن ابي المنهال عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: قدم النبي ص.م المدينة وهم يسلفون بالتمر السنتن والثلاث, فقال: من اسلف فى شيئ ففي كيل معلوم ووزن معلوم الى اجل معلوم.
حدثنا علي حدثنا سفيان قال: حدثنى ابن ابي نجيح وقال: فيسلف فى كيل معلوم الى اجل معلوم.
Dari ibnu abi Najih, dari abdullah bin katsir dari abu al-minhal, dari ibn abbas r.a dia berkata,”nabi SAW datang kemadinah sementara mereka melakukan jual-beli salam pada kurma selama dua atau tiga tahun. Maka beliau bersabda: “ Barang siapa melakukan jual-beli sistim salam pada sesuatu maka hendaklah menggunakan takaran yang diketahui, Timbangan yang diketahui, sehingga batas waktu yang diketahui”
Ibn Batal berkata: para ulama sepakat bahwa apabila barang yang dijual dengan sistim salam adalah barang yang ditakar atau ditimbang, maka saat transaksi harus menyebutkan takaran atau timbangan yang digunakan. Apabila barang itu bukan suatu yang ditakar atau ditimbang, maka harus disebutkan secara pasti.
Ibn Hajar mengatakan: “ menyebutkan hasta yang dijadikan standard. Jumlah dan hasta diikutkan pada takaran dan  timbangan, karena adannya persamaan yaitu kesamaan secara pasti akan barang yang dibeli. Berlaku pada hasta, syarat-syarat yang telah disebutkan pada takaran dan timbangan, berupa kepastian hasta yang dijadikan standard. Hal itu karena terjadi perbedaan hasta pada setiap tempat.
Para ulama sepakat untuk mengetahui sifat barang yang akan diserahkan, yakni sifat yang membedakan dari barang lainnya. Seakan bagian ini tidak didisebutkan dalam hadits karna mereka telah mempraktekkannya sedangkan hadits ini memberikan perhatian pada apa yang bisa mereka abaikan[2].









[1] As-shanani, subulussalam, terjamahan Abu Bakar Muhammad (Surabaya: Al-Ikhlas,1995),170
[2] Ibnu hajar Al-Asqolani, Imam Al-hafidz. Fathul baari, terjemahan Amiruddin (Jakarta: Pustaka Azam, 2005),9

4 komentar:

  1. Halo orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga INDONESIA tetapi saya tinggal di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya menuntun saya kepada pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ny. Nurliana Novi, pemberi pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON LOAN FIRM, setelah saya ditipu oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus dipercaya, lalu dia datang dan memberikan senyum lebar di wajah saya sebagai kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman dari dia, saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya telah melihatnya dan saya adalah bagian dari pengalaman, hari ini hidupku mendapat giliran baru berkat ibu Elina, ya kamu mungkin takut karena kesaksian palsu yang telah kamu dengar tetapi aku adalah saksi dan jika aku mengatakan kebohongan semoga ALLAH mengambil nyawaku, orang-orangku di sana jika kamu mau pinjaman asli dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percayai,

    Ny. Elina Johnson dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM hanya menghubungi dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi pada nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH dipuji.

    BalasHapus
  2. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak peminjam pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Ibu Alicia Radu yang mendapat pinjaman saya 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa ada tekanan dan pada suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan apa pun sehingga saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam kehidupan dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus
  3. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak peminjam pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Ibu Alicia Radu yang mendapat pinjaman saya 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa ada tekanan dan pada suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan apa pun sehingga saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam kehidupan dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus